PENGERTIAN AUTISME
AUTISME DI INDONESIA
Autisme adalah suatu
kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang
membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi
yang normal.
Akibatnya anak tersebut terisolasi dari manusia lain dan masuk dalam dunia repetitive, aktivitas dan
minat yang obsesif. (Baron-Cohen,
1993). Karakteristik anak dengan autisme adalah adanya 6 gangguan dalam bidang:
interaksi sosial, komunikasi (bahasa dan bicara), perilaku-emosi, pola bermain, gangguan sensorik dan motorik perkembangan
terlambat atau tidak normal. Gejala ini mulai tampak sejak lahir atau saat
masih kecil, biasanya sebelum anak berusia 3 tahun. Hasil penelitian terbaru
menunjukkan satu dari 150 balita di Indonesia kini menderita autis. Laporan
terakhir badan kesehatan dunia (WHO) tahun 2005 pun memperlihatkan hal serupa,
yang mana perbandingan anak autis dengan anak normal di seluruh dunia, termasuk
Indonesia telah mencapai 1:100.
Di Indonesia, tren peningkatan
jumlah anak autis juga terlihat. Meski tidak diketahui pasti berapa jumlahnya karena pemerintah belum pernah
melalukan survey. Satu dari seribu anak Indonesia terkena gangguan autis, mengenai
kebenaran pernyataan tersebut, belum pasti, mungkin saja hanya spekulasi dan
tidak berdasarkan pada riset atau sensus penderita autis di setiap wilayah.
Jika diestimasikan bahwa jumlah anak usia dini di Indonesia sekitar 20% saja,
berarti jumlah anak Indonesia 65 juta jiwa dari sekitar 280 juta total penduduk
indonesia, berarti jika perseribu anak salah satunya adalah autis, jumlah anak
dengan gangguan autis berjumlah sekitar 65.000 anak (Yayasan cinta anak bangsa,
2010). Permasalahan yang perlu
dicermati terkait autis adalah kebanyakan orang tua anak autis tidak menerima
apabila buah hati mereka menyandang autis sehingga terjadi keputusasaan untuk
mengasuh anaknya. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan para
orang tua tentang autis. Penghambat proses penyembuhan anak autis tidak hanya
faktor mahalnya biaya terapinya saja, penanganan masalah anak-anak autis di
Indonesia, bila dibandingkan dengan negara lain, boleh dibilang masih kurang
memadai. Selain itu belum ada perhatian khusus seperti tersedianya payung
hukum, anggaran yang layak, dokter ahli, lembaga penelitian, obat-obatan, alat
terapi, klinik, terapis, dan pusat terapi yang murah. Wajar bila banyak
keluarga anak-anak istimewa ini, khususnya dari kalangan dhuafa, makin dibuat menjerit
oleh tiga hal: pertama oleh berbagai kepedihan mengasuh anak-anak tersebut yang
memiliki gangguan amat kompleks dan seperti tak berakhir, kedua oleh biaya
terapi yang amat mencekik dan ketiga oleh bayangan ketakutan tentang masa depan
mereka yang memilukan. Seiring dengan bertambahnya sekolah inklusi di
Indonesia, metode-metode terapi yang efektif dan bersahabat dengan para siswa
yang biasanya dapat diperoleh dengan mengeluarkan biaya besar pun bisa
direkomendasikan ke setiap sekolah inklusi agar semua siswa khususnya
penyandang autis dapat merasakannya.Dalam tataran operasional di sekolah, sekalipun sudah banyak sekolah yang
mendeklarasikan sebagai sekolah inklusi, tetapi dalam implementasinya masih
banyak yang belum sesuai dengan konsep-konsep yang mendasarinya. Bahkan, tidak
jarang ditemukan adanya kesalahan-kesalahan praktek, terutama terkait dengan
aspek pemahaman, kebijakan internal sekolah, serta kurikulum dan pembelajaran.
Hal ini sekaligus menyiratkan bahwa dalam perjalanan menuju pendidikan inklusi (toward
inclusive education), Indonesia masih dihadapkan kepada berbagai isu dan permasalahan
yang kompleks yang harus mendapatkan perhatian serius dan disikapi oleh
berbagai pihak yang terkait, khususnya pemerintah sehingga tidak menghambat
hakekat penyelenggaraan pendidikan inklusi itu sendiri (Sunaryo, 2009). Menurut Mayer (2001) seorang
anak yang belajar dengan memanfaatkan penglihatan, pendengaran, dan pemahaman
akan lebih mudah untuk memahami sesuatu. Berdasarkan teori tersebut, metode
yang tepat untuk mengembangkan potensi anak autis di sekolah dasar adalah dengan mengadakan training melalui pemutaran video. Metode
ini biasa disebut dengan multimedia
education. Salah satu jenis
terapi autis yaitu melalui permainan
tradisional Pok Ame-Ame. Hal ini dikarenakan permainan ini menitikberatkan pada
daya fokus atau konsentrasi bagi anak autis, dimana anak autis itu sendiri
tidak mampu membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan penyuluhan kepada
seluruh pihak, misal pihak keluarga dan sekolah. Salah satu caranya adalah
dengan pembuatan VCD yang berisi tentang teknis aplikasi permainan tradisional Pok Ame-Ame sebagai terapinya, VCD ini
berguna berguna bagi para orang tua agar bisa turut serta mendidik anak-anak
mereka ketika berada di rumah, dan tidak lepas tanggung jawab bagi orang tua
yang anak-anaknya disekolahkan di sekolah anak yang berkebutuhan khusus.
Hello there! Extremely good article! I’m a usual website visitor to your website. Keep up the fantastic work, I read few articles on this internet site and I believe that your weblog is very interesting and contains lots of great information.
ReplyDeleteIt was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing such informative post.
ReplyDeleteSelam yonetici admin siteniz cok guzel basarilarinizin devamini bekleriz
ReplyDeleteGood advice. I'll take it into account.
ReplyDeleteI certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.
ReplyDeleteTÜL PERDE MODELLERİ
ReplyDeleteMOBİL ONAY
Mobil ödeme bozdurma
NFT NASİL ALINIR
ankara evden eve nakliyat
trafik sigortası
dedektör
web sitesi kurma
aşk kitapları
Good content. You write beautiful things.
ReplyDeletetaksi
sportsbet
mrbahis
korsan taksi
vbet
mrbahis
hacklink
sportsbet
hacklink
yurtdışı kargo
ReplyDeleteresimli magnet
instagram takipçi satın al
yurtdışı kargo
sms onay
dijital kartvizit
dijital kartvizit
https://nobetci-eczane.org/
PG8GNH
resimli magnet
ReplyDeleteresimli magnet
çerkezköy çatı ustası
silivri çatı ustası
dijital kartvizit
KMB0JB
kasmalı oyunlar
ReplyDeleteresimli magnet
silivri çatı ustası
çerkezköy çatı ustası
referans kimliği nedir
7HTQ8
شركة تسليك مجاري بالدمام 9t5EW95qcy
ReplyDelete