Pengertian Strategi Pembelajaran


Hakikat Strategi Pembelajaran
Strategi perang mungkin sudah sering kita dengar, mulai dari strategi perang Sun Tzu yang terkenal di dunia sebagai Art Of War sampai strategi perang gerilya pejuang Indonesia. Semua itu adalah strategi yang dikemas apik untuk mengalahkan musuh. Hal ini membuktikan bahwa strategi yang jitu bisa membawa hasil baik. 

Istilah strategi yang pada awalnya digunakan dalam lingkungan militer, tapi sekarang ini dipakai dalam berbagai bidang dengan esensi makna yang relatif sama. Strategi, berasal dari kata strategos atau strategus (Yunani) yang mengandung makna jenderal atau dalam hal ini perwira negara (state officer) yang bertanggung jawab merencanakan suatu strategi dan mengarahkan pasukannya untuk mencapai kemenangan.

Saat ini strategi juga telah di terapkan di berbagai pertandingan olah raga, baik sepak bola, bulu tangkis, maupun catur, memerlukan strategi untuk mengalahkan lawan. Tak ketinggalan pula dunia politik dan bisnis juga dipenuhi oleh strategi. bahkan strategi juga dibutuhkan dalam bidang pendidikan khususnya pada saat proses belajar mengajar.

Keberhasilan peserta didik dalam suatu kegiatan belajar mengajar ditentukan banyak faktor, salah satunya peran guru. Di sekolah guru mengambil peranan penting dalam menentukan strategi yang sesuai dengan psikis dan intelektual peserta didik. Guru bisa dibenci peserta didik karena model pembelajarannya membosankan dan karakternya galak. Sebaliknya, seorang guru akan menjadi sosok yang diidolakan para peserta didik jika berhasil menerapkan strategi yang bisa memotivasi siswa dengan baik.

Makalah Strategi Pembelajaran
Masih banyak dijumpai guru yang kurang tepat dalam menafsirkan inti dari mengajar. Mengajar bukan hanya menyuruh anak menghafal, mengajar bukan hanya menyampaikan pengetahuan dari guru kepada siswa, mengajar bukan hanya menggunakan satu metode mengajar tertentu. Mengajar adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks yang didalamnya menekankan bagaimana mengaktifkan siswa dalam hal belajar dengan menggunakan berbagai cara dan strategi sehingga membentuk pribadi yang berbudi luhur.

Memang tidak mudah melahirkan kelulusan yang bagus dari sisi kecerdasan dan budi pekerti untuk zaman sekarang. Dunia pendidikan menemui berbagai kesulitan untuk menghasilkan peserta didik yang sukses. Ini karena sistem yang membingkai pembelajaran juga sering kali merumitkan para guru untuk memilih strategi yang jitu untuk diterapkan di kelas. 

Pembelajaran yang berpusat pada siswa merupakan kunci utama dalam mengajar. Banyak sekali strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sebut saja pendekatan PAIKEM, CBSA, PKP, dll merupakan salah satu dari banyak strategi yang dapat dipilih oleh guru untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Guru yang baik mampu menyesuaikan metode pembelajaran dengan bahan pelajaran, selanjutnya dengan metode pembelajaran itu mampu menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan siswa yang dapat meningkatkan kualitas keterlibatan siswa dalam belajar. Dengan menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa, maka siswa akan mampu mengkontruksi (membangun) sendiri pemahamannya sehingga pembelajaran akan lebih bermakna.

0 comments:

Post a Comment